Jumat, 17 Mei 2013

Suara Simalungun Kamis 16-23 Mei 2013 (Edisi 552)

                           Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM :
Pemekaran Kabupaten Simalungun Tidak Lama Lagi


Simalungun,SS
Pemekaran Kabupaten Simalungun menjadi dua daerah yaitu Kabupaten Simalungun (induk) dan Kabupaten Simalungun Hataran (Kabupaten persiapan pemekaran) tidak lama lagi. Hal tersebut terlihat dari upaya yang dilakukan oleh Bupati Simalungun, DR JR Saragih SH MM bersama jajarannya, dalam memperjuangkan pemekaran Kabupaten Simalungun, yang merupakan visi dan misinya sebelum menjadi pimpinan di daerah itu.
“Pemekaran Kabupatren Simalungun bertujuan untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga program-program pembangunan dapat dilaksanakan sesuai harapan kita bersama,”kata Bupati saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Bandar dalam rangka meninjau eks Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Perdangangan yang nantinya akan dijadikan sebagai persiapan Kantor Bupati Kabupaten Simalungun Hataran, Sabtu, 11/05/2013.
Hal itu, dilakukan Bupati Simalungun sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan pemekaran Kabupaten Simalungun. Dalam kunjungan kerja ini, Bupati Simalungun didampingin Sekda, Drs Gidion Purba MSi, staf ahli Bupati, para asisten dan para pimpinan unit kerja dijajaran Pemerintah Kabupaten Simalungun, camat Bandar dan Dirut RSUD Perdagangan.
Dikatakan, pada tahun 2013 ini, ada 3 daerah termasuk Kabupaten Simalungun yang diajukan kepada pemerintah pusat untuk dimekarkan. “Kita berharap pemekaran Kabupaten Simalungun menjadi dua daerah segera terwujud, karena seluruh persiapan yang menyangkut administrasi dan tekhnis termasuk data aset yang akan dilepas ke daerah pemekaran sudah dipersiapkan. Dalam waktu dekat ini kita juga akan melakukan rapat di DPR-RI guna pembahasan pemekaran tersebut,”tambahnya.
Menyinggung tentang tujuan kunjungan kerja ke RSUD Perdagangan, Bupati menyebutkan bahwa, eks RSUD perdagangan tersebut nantinya akan digunakan sebagai kantor Bupati persiapan Kabupaten Simalungun Hataran sekaligus melakukan penataan beberapa ruangan di RSUD.
Diharapkan penataan ruangan ini segera dapat selesai, sehingga minggu depan kita mulai berkantor disini,”ungkap Bupati sembari memerintah Asisten Administrasi dan Umum, Rizal Edi Praja Saragih AP MSi, selaku koordinator persiapan Pemekaran Kabupaten Simalungun untuk mengkoordinir penataan ruangan tersebut.
Tentang pejabat Bupati persiapan Pemekaran Kabupaten Simalungun nantinya, Bupati Simalungun mengatakan bahwa akan diusulkan ke Kementrian Dalam Negeri yaitu pejabat Kabupaten Simalungun yang telah memenuhi ketentuan untuk itu, termasuk perangkatnya seperti Sekretaris Daerah dan pimpinan-pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya.
“Sesuai dengan ketentuan bahwa, Bupati Simalungun (induk) yang menghunjuk siapa pimpinan di daerah pemekaran dan diusulkan ke Departemen Dalam Negeri (Depdagri), karena ini juga salah satu syarat untuk pemekaran itu,”paparnya.
Dikesempatan itu, Bupati juga menjelaskan bahwa, pada daerah persiapan pemekaran Kabupaten Simalungun nantinya akan di bentuk beberapa unit kerja yang berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat. “Ada 10 SKPD tekhnis di bentuk di Kabupaten pemekaran ini yang berhubungan langsung dengan masyarakat, seperti Dinas Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Sosial, Perizinan, Pertambangan dan Energi,”jelas Bupati.
Selanjutnya Bupati menjelaskan bahwa, setelah terbentuk daerah persiapan pemekaran, Bupati di pemekaran tersebut mempersiapkan untuk pembangunan perkantoran yang baru dalam kurun waktu 3 tahun. “Selama 3 tahun harus dipersiapkan perkantoran oleh Bupati persiapan pemekaran dan ini nantinya nanti akan ditinjau oleh Tim dari pusat apakah layak kabupaten persiapan ini  menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB),”ungkapnya. Oleh karena itu, Bupati menghimbau kepada masyarakat supaya bersama sama untuk menghadapi pemekaran, agar dapat segera terwujud dan telaksana secepatnya.
Disela-sela kunjungan tersebut, Asisten Administrasi dan Umum, Rizal Edi Praja Saragih AP MSi, selaku koordinator persiapan Pemekaran Kabupaten Simalungun yang dihunjuk Bupati mengatakan bahwa, di eks RSUD Perdagangan ada sekitar 20 ruangan yang akan ditata untuk persiapan perkantoran Bupati persiapan Simalungun Hataran. “Ini akan segera kita siapkan, karena pimpinan kita (Bupati Simalungun) dalam waktu dekat akan berkantor disini,”katanya.(tp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar