Minggu, 11 Desember 2011

Berita Utama SS Kamis 8 Desember 2011 (Edisi 487)

Pemko Siantar akan Bangun Tugu Raja Sang Naualuh Damanik

* Drs Koni Ismail Siregar  : Budaya Simalungun Harus Dominan di Siantar
P.Siantar,SS
Pemko Pematangsiantar merencanakan akan segera membangun Tugu Raja Siantar Sang Naualuh Damanik. Pembangunan tugu tersebut sudah sangat lama menjadi harapan warga kota “Sapangambei Manoktok Hitei” ini. Peletakan batu pertama tugu diharapkan dilaksanakan pada HUT Siantar tahun 2012. Demikian dikatakan Wakil walikota Pematangsiantar Drs Koni Ismail Siregar dalam sambutannya pada acara seminar tentang kriteria, desain monument/lokasi tugu Radja Siattar Sang Naualuh Damanik Rabu (7/12) di convention hall Siantar Hotel.
Dikatakan Koni Ismail Pemko Siantar dibawah kepemimpinan Hulman Sitorus SE sejak sangat komit terhadap pengembangan budaya khususnya budaya Simalungun. Budaya Simalungun harus dominan di kota Pematangsiantar yang awalnya adalah pusat pemerintahan Kerajaan Siantar.  Daerah yang menjadi Pamatang Kerajaan Siantar adalah Pamatang yang sekarang menjadi Kelurahan Simalungun.
Pembangunan tugu Radja Sang Naualuh Damanik adalah diharapkan bisa menjadi ikon kota Pematangsiantar yang awalnya adalah pusat kerajaan Siantar.  Koni Ismail mengharapkan agar para tokoh Simalungun memberikan bantuan untuk kesuksesan tugu ini dengan melakukan diskusi tentang bagaimana desain dan lokasi tugu agar benar-benar bisa menggambarkan Siantar awalnya adalah pusat kerajaan Siantar.
Sementara itu Drs P Damanik Ihutan Bolon Damanik mengatakan seluruh keluarga besar Damanik mengucapkan terima kasih terhadap keperdulian Pemko Siantar. Wacana dan diskusi tentang pembangunan tugu ini sudah lama didengungkan akan tetapi baru pada masa pemerintahan  Hulman Sitorus dan Koni Ismail bisa terwjud.  Ihutan bolon Damanik mengucapkan terima kasih kepada Pemko Siantar kata Damanik.
Selanjutnya Rohdian Purba sekjen Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kota Pemetangsiantar mengatakan PMS berterima kasih kepada Pemko Siantar yang mewujudkan impian yang sudah lama, juga kepada Himapsi yang secara terus menerus menyuarakan aspirasi ini juga kepada institusi Simalungun lainnya. Kita harapkan pembangunan tugu ini menjadi semakin meneguhkan Siantar awalnya adalah pusat Kerajaan Siantar.
Seminar tentang kriteria, desain monument/lokasi tugu Radja Siattar Sang Naualuh Damanik diisi dengan beberapa ceramah yaitu karakter dan jati diri Radja Siattar Sang Naualuh Damanik oleh Mr Djariaman Damanik, Tinjauan Sejarah Perjuangan Radja Siattar Sang Naualuh Damanik oleh Eron Libno Damanik Msi, Sosok Radja Siattar Sang Naualauh Damanik dari Prespektif Budaya oleh Pdt Juandaha Purba, dan Tinjauan ornamen monumen Radja Siattar Sang Naualuh Damanik oleh Karsel Saragih. Hadir pada seminar tersebut Johalim Purba ketua komisi IV DPRD Simalungun, Mantan Sekjend PMS Karmidin Sinaga, Ketua UPAS Januarison Saragih SH,MH, Ketua Himapsi Siantar Hermanto Sipayung SH, Ketua Himapsi Simalungun Rizal Sipayung SE, pimpinan SKPD Simalungun dan puluhan mahasiswa dan pemuda Simalungun.
Hermanto Sipayung SH Ketua Himapsi Siantar kepada SS mengatakan bahwa pembangunan tugu Radja Sang Naualuh Damanik adalah salah sati pokok perjuangan Himapsi dibawah kepemimpinannya.  Salah satu program Himapsi adalah memeperjuangkan pembangunan tugu Sang Naualuh Damanik.  Himapi sudah pernah beraudiensi langsung dengan walikota Siantar Hulman Sitorus seputar aspirasi ini bahkan pada saat pelantikan Himapsi dibawah kepemimpinanya ketika itu Hulman Sitorus berjanji akan merealisasikan aspirasi tersebut.  Syukurlah aspirasi Himapsi mendapat respon dengan dimulainya proses pembangunan tugu dengan terlebih dahulu melakukan seminar katanya. (tp)      

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar