Minggu, 11 Desember 2011

Berita SS Edisi 487


Bupati Simalungun Serahkan Bantuan  Farm Gate Market
Simalungun,SS 
Pemerintah Kabupaten Simalungun menyerahkan bantuan kepada Asosiasi Pasar Tani Harapan Raya yang berdomisilih di Kelurahan Pamatang raya Kecamatan Raya berupa Farm Gate Market yang berasal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM didampingi Kadis Pertanian Ir Amran Sinaga di halaman pasar modern Pamatang raya kepada ketua Asosiasi Pasar Tani Harapan Raya yaitu Ulina Saragih Turnip, Jum’at, 01/12/2011. Selain menyerahkan bantuan tersebut Bupati juga meresmikan penggunaan pasar tani yanh ditandai dengan pengguntingan pita.
Kadis Pertanian Simalungun Ir Amran Sinaga dalam laporannya mengatakan bahwa, bantuan ini merupakan tindak lanjut dari permohonan Asosiasi Pasar Tani Harapan Raya yang disampaikan kepada Pemkab Simalungun melalui Dinas Pertanian untuk 35 orang anggota asosiasi.
Amran mengatakan bahwa  Farm Gate Market merupakan bantuan kepada pelaku untuk digunakan dalam memasarkan hasil-hasil pertanian dan diharapkan bantuan ini bisa mendekatkan petani manuju agribisnis dan mampu berdaya saing serta berkualitas.
Bantuan Farm Gate Market  yang diberikan kepada asosiasi ini berupa tenda gajebo sebanyak 20 unit, meja 40 unit, kursi lipat 80 unit, keranjang kontainer 80 unit, rak 20 unit, timbangan duduk 20 unit, taplak meja 20 buah, beka 20 unit dan tempat sampah 20 unit.
Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM dalam bimbingan dan arahannya dalam penyerahan batuan tersebut mengharapkan kepada Asosiasi Pasar Tani Harapan Raya untuk dapat memanfaatkan bantuan ini sesuai dengan fungsinya, sehingga bantuan berupakan sarana dan prasarana pasar petani ini dalam memberikan peningkatakan perekonomian masyarakat.
Disamping itu, bupati juga berharap agar masyarakat dapat menjaga kebersihan lokasi pasar sebagai tempat untuk berdagang, karena jika hal ini diabaikan tentu akan memberikan kesan yang tidak baik bagi masyarakat yang akan kepasar yang pada akhirnya pedagang pun akan mengalami kerugian karena tidak adanya pembeli. Apalagi untuk pengelolaan pasar akan dilimpahkan kewenangannya kepada kecamatan, jadi camat harus kerja keras dalam menjaga dan merawat pasar yang ada diwilayahnya sehingga dapat lebih dimanfaatkan bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.
Dikesempatan itu, Bupati juga menyampaikan rencana Pemkab Simalungun untuk membanguan jalan yang ada di sekitar pasar tradisional di kota pamatang raya untuk mempermudah akses bagi masyarakat dalam memasarkan dagangannya.
Tampak hadir dalam acara penyerahan bantuan Farm Gate Market Anggota DPRD Simalungun Janrismen Saragih SH, Kadis Pasar Drs Zannas Malau, Ka. BP4K Johannes Gurning SP, Kadis Perindag Drs Jan Sardion Purba, Kadis PU Bina Marga Ir Jhon Sabiden Purba MUM, Camat Raya Drs Jhon Suka Jaya Purba, Ketua KTNA Edi Mulianson Purba SP dan beberapa pejabat dijajaran Pemkab Simalungun serta masyarakat. (tp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar